Membuat desain villa pada dasarnya hampir sama dengan pembuatan rumah biasa. Bedanya, letak villa dan tujuan pembuatan villa mungkin akan memberikan setiap perbedaan pada masing-masing orang. Sebagaimana diketahui, pemilik villa bisa jadi memakai villanya sebagai tempat usaha atau dengan kata lain disewakan. Namun, ada juga yang membuat villa khusus untuk tempat tinggal saat liburan atau jenuh dengan suasana perkotaan melanda.

Ini dia 6 tips sebelum membuat desain villa yang nyaman dan elegan

Tips Sebelum Membuat Desain Villa yang Nyaman

Mulailah dengan hal yang sederhana

Jangan dulu berpikir tentang keindahan villa yang akan Anda buat. Hanya mulailah dari sekarang. Mulai dengan membuat gambar dengan pensil di atas kertas Anda. Bagaimana Anda ingin villa Anda dibuat dan fitur apa saja yang ada di setiap ruangan villa tersebut. Di langkah pertama ini, Anda tidak perlu menyewa jasa arsitek sewa secara langsung. Cukup mulai dari diri Anda dan ekspresikan diri Anda. Brainstorming dan berpikirlah out of the box. Segala sesuatu yang Anda inginkan.

Pikirkan ke depan

Jangan hanya berpikir tentang rumah atau villa yang sedang Anda inginkan sekarang saja. Lebih jauh, Ada juga harus berpikir tentang villa tersebut digunakan untuk apa, untuk siapa, dan akan menunjang kegiatan apa untuk Anda dan keluarga. Misalnya, saat berlibur nanti Anda akan mengajak keluarga, seperti pasangan (suami/istri), anak-anak, cucu, kakek, nenek, hingga orang tua Anda dan saudara. Pikirkan benar-benar apakah mereka akan ikut dengan Anda. Lalu tanyakan juga pada diri Anda, apakah Anda akan membutuhkan teknologi tinggi, kolam yang menyegarkan, tempat yoga yang tenang di dalam villa Anda nanti.

Maksimalkan pemakaian tanah dan kenali dengan baik

Salah satu hal yang sering dilupakan saat membuat desain villa adalah bahwa tanah yang mereka jadikan tempat berdirinya villa tidak dikenali lebih dulu. Padahal, villa memiliki lahan yang biasanya berbeda dengan lahan rumah. Hal ini karena villa biasanya terletak di bagian atas, di pegunungan, atau yang lain. Yang mana, tekstur tanah, bentuk tanah, dan ukurannya jelas akan berbeda. Kenali benar bagaimana model tanah yang Anda miliki itu dan buatlah sebuah desain yang sesuai. Maksimalkan dengan baik.

Mulai dari yang prioritas dulu

Mulailah menyusun skala prioritas untuk villa yang Anda inginkan. Rencana ke depan memang penting tetapi saat hal tersebut berbenturan dengan dana, maka Anda perlu memiliki rencana B dengan mengedepankan prioritas Anda kemudian disusul fitur lain jika dana masih memungkinkan.

Perhatikan aliran udara dan fungsi ruang

Saat Anda sudah membayangkan desain yang Anda suka, mulailah untuk mencari mitra kerja seperti jasa arsitek arsitekindo.com. berdiskusilah tentang fungsi ruang dan aliran udara yang ingin Anda buat. Sebab villa seharusnya bisa memberikan kesejukan dan kenyamanan berlebih.

Pencahayaan

Jangan lupa perhatikan juga pencahayaan dari desain villa yang sedang Anda buat. Pencahayaan ini tidak hanya pada malam hari yang berkenaan dengan letak lampu, jumlah lampu, dan yang lainnya. Anda juga harus memperhatikan arah cahaya matahari saat siang hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here