Ruang Kerja I Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Alternatif Letak Ruang Kerja

PENGERTIAN

Jasa Arsitek Rumah – Ruang Kerja adalah tempat kita melakukan kegiatan yang umumnya berhubungan dengan mata pencaharian atau sumber nafkah. Pekerjaan yang dilakukan bisa bermacam-macam, mulai dari administrasi sampai kreatif. Dalam perkembangannya, kegiatan yang merupakan hobi atau aktivitas untuk mengisi waktu juga layak disebut pekerjaan, apalagi jika hobi atau aktivitas tersebut bisa menghasilkan uang, walaupun mungkin tidak berkala.

 

JENIS-JENIS RUANG KERJA DI RUMAH

Pekerjaan yang kita geluti belum tentu sama dengan pekerjaan orang lain. setiap pekerjaan memiliki spesifikasi berbeda, begitu pula dengan prioritas orang dalam melakukan suatu pekerjaan. Hal inilah yang melahirkan perbedaan kebutuhan akan ruang kerja. Sampai saat ini ada beberapa ruang kerja yang kita kenal:

1.Kantor di Rumah

Kantor di rumah atau home office secara sederhana bisa diartikan sebagai area atau ruang dalam hunia yang berfungsi sebagai tempat kerja atau tempat ide dihasilkan. Elemen home office tidak jauh berbeda dengan elemen kantor pada umumnya. Seperti kantor, home office sebaiknya ditempatkan di lokasi yang jauh dari kebisingan.

2.Sudut Baca dan Kerja

Berbeda denga kantor di rumah,ruang kerja ini bersifat temporer atau hanya digunakan pada waku tertentu, misalnya saat meneruskan pekerjaan kantor yang belum tuntas atau untuk sekadar membaca buku. Karena itu, sudut baca dan kerja tidak memerlukan area besar. Bisa memanfaatkan kamar tidur atau ruang keluarga.

3.Ruang Kerja untuk Hobi

Tidak semua pekerjaan atau aktivitas berhubungan dengan paperwork. Sebagian dari kita pasti ada yang lebih senang mengisi waktu luang dengan aktivitas kreatif seperti melukis, menjahit, membuat keramik, memotret, bermain musik, dll. Selain sebagai hobi, aktivitas kreatif juga bisa dijadikan bisnis yang mendatangkan keuntungan. Berbeda dengan kantor di rumah serta sudut baca dan kerja, ruang kerja untuk hobi tidak memiliki ciri khusus. Layout dan elemennya lebih beragam, tergantung aktivitas yang dikerjakan serta skala pekerjaannya.

4.Perpustakaan di Rumah

Ruang ini bisa hadir sebagai ruang tersendiri atau sebagai bagian dari sudut kerja dan kantor di rumah. Jika menempatkan perpustakaan di ruang khusus, jangan lupa melengkapinya dengan area membaca. Elemen yang wajib hadir dalam perpustakaan dirumah adalah furnitur penyimpanan buku. Umumnya furnitur ini berupa lemari rak terbuka.

Baca Juga –¬†Jasa Arsitek Rumah

ALTERNATIF LETAK RUANG KERJA

Ada banyak pilihan tempat yang bisa difungsikan sebagai ruang kerja di rumah yang disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis pekerjaan. Mulai dari sudut  kamar tidur, ruangan khusus, sampai area kosong di koridor atau bawah tangga. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah:

A.Ruang Kerja idealnya memiliki pintu masuk tersendiri uang terpisah dari pintu masuk hunian.

B.Dimanapun letak ruang kerjanya, usahakan agar privasinya terjaga.

C.Sebaiknya ruang kerja mendapat pencahayaan alami yang cukup.

D.Jika memungkinkan pekerjaan yang sering menerima klien di ruang kerja rumah, ada baiknya memilih tempat yang terpisah dari aktivitas harian keluarga.

 

Beberapa letak yang dianjurkan dalam alternatif ruang kerja:

A.Sudut Ruang

Menetapkan area kerja di sudut ruang hunian merupakan cara yang paling praktis. Bisa memanfaatkan sudut kamar tidur, ruang duduk, bahkan dapur. Umunya ruang-ruang tersebut sudah cukup lengkap dan nyaman untuk digunakan. Contoh memanfaatkan sudut kamar tidur sebagai ruang kerja, selain berfungsi sebagai tempat beristirahat, kamar tidur juga bersifat personal.

B.Bagian dari Ruang

Dapat menempatkan area kerja di salah satu sisi ruang atau di setengah bidang ruang. Membuat ruang kerja sebagai bagian dari sebuah ruang memberi peluang memperoleh tempat yang lebih luas. Contoh area kerja di ruang duduk, biasanya ruang duduk cukup besar sehingga sebagian ruang ini bisa difungsikan sebagai tempat kerja.

C.Ruang Kerja Khusus

Keuntungan menggunakan ruang khusus adalah memperoleh area kerja yang lebih luas, suasana yang lebih privat, dan kebebasan mengorganisasi ruang sesuai kebutuhan.

D.Ruang Kerja Dwifungsi

Adalah ruang yang memiliki dua fungsi dalam waktu yang bisa disesuaikan. Contoh ruang makan/kerja; pagi sampai sore ruang tersebut digunakan sebagai ruang kerja, dan malam hari bisa digunakan untuk area bersantap.

E.Ruang Kerja Studio

Jika dana yang tersedia mencukupi bisa membuat studio di rumah, keuntungan memiliki studio adalah organisasi ruang lebih terencana dan mendapatkan privasi dalam bekerja.

Yang harus diperhatikan adalah pilih desain workstation yang stabil yang bisa mengakomodasi semua perangkat kerja dengan baik, dan pilih roda yang kuat untuk menopang beban perangkat kerja.

Jasa Arsitek Rumah yang berpengalaman dan profesional banyak dicari seiring kesadaran masyarakat akan pentingnya dalam mewujudkan rumah impian. Hubungi 081245093478

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here