Salah satu kendala yang harus dihadapi saat membuat Design Rumah adalah ukuran rumah yang kecil dan tidak terlalu luas. Tidak hanya desain rumah secara keseluruhan, perhitungan dan desain pada masing-masing ruangan di dalam rumah minimalis juga patut diperhitungkan agar penataannya nanti tetap nyaman bagi semua penghuni di dalam rumah minimalis. Nah, untuk membuat penataannya nyaman di dalam rumah mungil, Anda bisa mengikuti beberapa tips yang akan kami ulas dalam artikel ini. Trik ini bisa diterapkan untuk rumah dengan luas yang kecil dan ukurannya mungil seperti rumah type 21, type 36, dan yang lainnya. Silakan simak.

Ini dia trik dan cara menata design rumah kecil yang cantik

Gambar dan Cara Design Rumah Kecil Minimalis

Buat rencana dan kondisikan ruangan sebaiknya

Ukuran rumah Anda memang sudah tidak bisa ditambah lagi, artinya Anda harus memasang strategi yang jitu untuk membuatnya lega tanpa harus memperluas ukurannya. Salah satunya adalah dengan mengondisikan ruangan. Akan sangat baik jika antar ruangan yang memungkinkan untuk tidak disekat, tidak diberi sekat. Tujuannya adalah agar ruangan satu dan yang lainnya dapat bersatu dan terlihat sangat luas. Anda bisa menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga atau bahkan ruang makan. Jika Anda masih ingin sekat, maka gunakan sekat kecil seperti almari yang berlubang (seperti lemari buku, lemari hias) atau sekat dengan dimensi yang ringan dan tipis.

Perencanaan ini juga berhubungan dengan pembuatan denah desain rumah di mana Anda harus membuatnya sebelum pembuatan rumah dilaksanakan. Termasuk bagaimana Anda membuat tatanan ruangan, tata letaknya, dan luas masing-masing ruangan.

Warna lantai

Untuk membuat kesan luas dalam design rumah, lantai juga menjadi perhatian yang tidak bisa ditinggalkan. Akan sangat baik jika Anda memilih warna lantai yang sama di bagian rumah Anda yang sempit dan kecil itu. Pada setiap ruangan, Anda bisa menerapkan zona masing-masing tetapi tetap memberikan kesan yang sangat lega.

Perhatikan tinggi atap

Tinggi atap menjadi cara terbaik Anda untuk menciptakan ruangan yang terasa luas meski sebenarnya mungil. Bagaimana caranya? Mudah saja, logikanya, jika Anda tidak bisa bermain di ukuran dimensi panjang kali lebar (horizontal), maka Anda harus main di dimensi tinggi (vertikal). Dalam hal ini, semakin tinggi atap atau rumah minimalis Anda, maka semakin terasa lega pulalah rumah Anda. Untuk itu, hindari memasang plafon, asbes, atau pun yang lainnya dengan ketinggian yang minim. Usahakan membuat bangunan yang tinggi dengan tujuan untuk membuat rumah terasa lega sekaligus bisa membuat sirkulasi udara semakin nyaman dan aman.

Konsultasi

Untuk lebih aman lagi, Anda bisa mengonsultasikan kondisi rumah Anda tersebut dengan konsultan arsitek yang sudah handal di bidangnya. Anda bisa mulai mencari profil yang terbaik, misalnya arsitekindo.com. Handal saja tidak cukup, butuh pengalaman dan jam terbang tinggi demi pelaksanaan pembuatan design rumah yang sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here