Jasa Arsitek Indonesia – Kebanyakan orang berpendapat bahwa carport dan bagasi sama saja, tapi tahukan Anda bahwa kedua hal ini memiliki perbedaan ?

Nah mari kita simak bersama perbedaan antara carport dan juga bagasi. Bagasi adalah tempat penyimpanan mobil. Sedangkan carport adalah  atap yang melindungi kendaraan dari panas ataupun hujan, berbeda dengan garasi yang memiliki dinding penuh pada keempat sisinya untuk melindungi kendaraan, sebaliknya carport hanya memiliki dua sisi dinding untuk melindungi kendaraan.

 

Secara fisik carport umumnya semi terbuka dengan atap. Carport juga  menjadi jalur masuk menuju pintu depan rumah, Anda tinggal memberi atap saja kemudian ruangan ini sudah bisa digunakan sebagai tempat menyimpan mobil. Untuk bahan atap, anda bisa gunakan kantilever yang menyatu dengan rumah utama atau pergola yang disangga tiang. Ada yang terbuat dari kayu, besi dan lembaran fiberglass.

Sedangkan garasi berupa ruang penyimpanan tertutup, kerap menyatu dengan rumah, lengkap dengan lantai, dinding dan langit-langit. Karena lebih tertutup, garasi memberi perlindungan yang lebih baik dibandingkan carport

Selain menyesuaikan lahan area parkir dan konstruksi lantai, tips berikut ini dapat anda gunakan sebagai referensi dalam membuat carport:

 

  1. Pilih Bahan yang Ringan

Dalam membangun sebuah carport haruslah memilih bahan yang ringan namun tetap kuat dalam segala cuaca tentunya. Sebab ini akan digunakan dalam jangka waktu yang tidak singkat.

Bahan untuk rangka atap carport usahakan memilih bahan yang ringat dan kuat. Penggunaan baja ringan dapat menjadikan rangka atap kokoh dan tahan karat. Selain itu, baja ringan saat ini memiliki bentuk dan desain yang beragam sehingga anda tidak perlu khawatir akan nilai dekorasi dari carport anda akan berkurang.

 

  1. Gunakan Tanaman Sebagai Penghias

Solusi terbaik agar carport terlihat lebih asri dan nyaman adalah dengan menanam beberapa tanaman hias di sekitarnya dengan catatan tanaman tidak mengganggu alur keluar masuknya kendaraan kita kedalam carport tersebut. Sebab tujuan utama kita membangun carport adalah agar bisa memberikan tempat terbaik bagi kendaraan kita.

Baca juga : Jasa Bangun Rumah dengan Konsep Terbaik di Surabaya

Membuat carport agar terlihat teduh maka tidak ada salahnya anda memilih tanaman sebagai solusinya, tanaman dengan daun yang rimbun akan melindungi kendaraan anda dari terpaan sinar matahari. Pilihlah tanaman jenis merambat dan membelit.

 

  1. Maksimalkan Lantai Carport

 

 

Kontruksi yang kuat dan tepat adalah hal yang dibutuhkan untuk bangun sebuah carport sehingga dapat menahan beban kendaraan anda. Perhatikan selalu kemiringan lantai untuk memudahkan maneuver kendaraan anda saat diparkirkan serta memudahkan arus air cucian kendaraan anda serta perhatkan tekstur lantai, usakan tekstur lantai kasar sehingga pada saat memarkir kendaraan tidak tergelincir.

 

  1. Perhitungkan Budget

Hal ini adalah yang harus anda pikirkan terlebih dahulu sebelum membangun carport agar tidak tersendat dijalan dan terbangun sesuai dengan harapan anda tentunya.

Sesuaikan budget anda dalam membangun carport, karena dalam pembuatannya carport haruslah kuat untuk melindungi kendaraan dibawahnya, sehingga anda membutuhkan bahan berkualitas baik dalam penggunaannya. Cobalah untuk memperhitungkan sendiri biaya bahan dan material yang anda gunakan saat membangun carport agar hasil yang anda dapatkan sesuai dengan harapan dan tentunya budget yang anda miliki.

Anda dapat menggunakan cahaya lampu pada lantai disudut yang gelap sehingga membantu anda dalam memarkir kendaraan dan dapat memberikan dekorasi pada carport anda. Cari tahu referensi desain dan model carport di berbagai media sehingga dapat menambah pengetahuan dan referensi anda mengenai carport.

 

Jasa Arsitek Rumah yang berpengalaman dan profesional banyak dicari seiring kesadaran masyarakat akan pentingnya dalam mewujudkan rumah impian. hub 081245093478

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here