Jasa Arsitek Indonesia – Kota Pontianak adalah ibu kota provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis khatulistiwa. Di utara Kota Pontianak, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis khatulistiwa. Selain itu, Kota Pontianak dilalui oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Kedua sungai itu diabadikan dalam lambang Kota Pontianak. Kota ini memiliki luas wilayah 107,82 kilometer persegi.

 

Nama Pontianak yang berasal dari bahasa Melayu yang dipercaya ada kaitannya dengan kisah Syarif Abdurrahman yang sering diganggu oleh hantu Kuntilanak ketika dia menyusuri Sungai Kapuas. Menurut ceritanya, Syarif Abdurrahman terpaksa melepaskan tembakan meriam untuk mengusir hantu itu sekaligus menandakan di mana meriam itu jatuh, maka di sanalah wilayah kesultanannya didirikan. Peluru meriam itu jatuh di dekat persimpang Sungai Kapuas dan Sungai Landak, yang kini dikenal dengan nama Kampung Beting.

Arah hadap rumah sangat menentukan kenyamanan untuk penghuninya? Lantas, bagaimana cara menentukan arah yang baik untuk rumah tinggal?

 

Banyak sebagian dari orang lebih memilih hunian yang menghadap ke timur. Karena rumah yang arahnya hadap timur, mendapatkan sinar matahari di pagi hari lebih banyak yang tentunya baik untuk kesehatan. Namun, hal tersebut terkadang tidak menjamin posisi rumah yang nyaman. Panas matahari sebetulnya sangat dibutuhkan dalam sebuah bangunan, tapi tidak boleh berlebihan.

 

Pasalnya, hal tersebut akan mengurangi kenyamanan dalam rumah Anda. Sebaliknya, sinar matahari sangat dibutuhkan untuk membantu Anda menghemat penggunaan energi listrik pada siang hari di dalam rumah. Arah hadap rumah sebenarnya bisa disiasati dengan pengolahan bentuk bangunan yang tepat. Misalkan bangunan berbentuk persegi panjang, orientasi terhadap mataharinya lebih menentukan bila dibandingkan dengan bangunan berbentuk bujur sangkar.

 

Anda bisa memperhatikan sudut jatuh cahaya matahari. Semakin tinggi cahaya matahari, maka semakin besar pula energi panas yang ditimbulkan di dalam rumah. Oleh karena itu, sisi bangunan yang sempit harus diarahkan pada posisi matahari rendah. Jadi, jika sinar matahari terlalu banyak masuk ke dalam rumah, pasti akan berpotensi mengurangi kenyamanan para penghuninya.

 

Nah, agar bisa mendapatkan kenyamanan secara maksimal, Anda harus mencermati struktur bangunan sedari awal. Langkah pertama yang paling sederhana adalah mengatur posisi jendela pada sisi bawah bidang dinding. Artinya, Anda harus bisa mengakomodasi masukan cahaya dengan memperhatikan kebutuhan ruang di dalamnya.

 

Atur desain dan posisi bukaan, tempatkan banyak jendela pada sisi timur agar memberikan kemudahan untuk cahaya matahari pagi masuk. Yang terpenting, usahakan semua ruangan mendapat bukaan dan terhubung dengan ruangan di luar.

 

Langkah selanjutnya untuk menyiasati arah hadap rumah yang salah adalah dengan mengatur tata letak ruang secara tepat. Hindari menempatkan kamar tidur yang menghadap ke barat karena bagian ini bakal menghubungkan langsung kamar dengan sinar matahari di sore hari. Pada sore hari, panas matahari banyak masuk dari arah barat dan akan terasa sampai malam. Artinya, walau matahari telah terbenam, suhu dalam ruangan yang masuk dari arah barat masih tinggi.

Baca juga : Jasa Bangun Rumah Terbaik di Kupang

Bagaimana bila rumah Anda menghadap ke arah barat, jangan khawatir. Ini bisa di siasati dengan beberapa tips, salah satunya dengan menempatkan area basah pada sisi barat. Untuk bangunan bertingkat, sebaiknya buat lubang void agar memberikan ruang bagi pergerakan udara. Keberadaan taman kering, kolam renang, atau ruang terbuka, di tengah ruangan bisa menciptakan lubang masuk cahaya matahari sekaligus memberikan napas pada ruangan. Jangan lupa untuk memberikan jarak antara bangunan dan batas lahan sehingga cahaya matahari dapat leluasa masuk ke dalam. Penerapan rumah tanpa penyekat juga bisa membantu memberi efek lapang pada hunian.

 

Jasa Arsitek Rumah yang berpengalaman dan profesional banyak dicari seiring kesadaran masyarakat akan pentingnya dalam mewujudkan rumah impian. hub 081245093478

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here