harga jasa interior rumah

Jasa Arsitek Indonesia РAtap atau genteng merupakan elemen krusial dari sebuah rumah yang berfungsi melindungi penghuninya dari beragam jenis cuaca sesuai dengan iklim sebuah daerah dimana atap tersebut digunakan.  Seperti halnya jenis semen yang beragam dan penting sebagai awal berdirinya fondasi dan tembok dalam proses pembangunan sebuah hunian, atap sangat penting karena berfungsi menutup bagian atas hunian sehingga dapat memberikan perlindungan siang dan malam dari terpaan hujan dan teriknya panas matahari.

 

Jenis Genteng Press atau Tanah Liat

Sesuai dengan namanya, genteng jenis ini terbuat dari tanah liat. Proses pencetakannya adalah dengan di press atau dipanaskan dengan bara api bersuhu tinggi sehingga menghasilkan karaktersitik genteng tanah liat yang memiliki daya tahan yang kuat. Memiliki kuat tekan yang cukup, genteng ini terbilang awet dan dapat bertahan selama puluhan tahun. Proses pengerjaan yang rumit karena dalam proses pembuatannnya khusus dibuat oleh pengerajin dari mulai proses pembakaran hingga pengeringan dengan cahaya matahari. Menilik dari segi fungsionalnya, jenis ini mampu menahan radiasi panas matahari sehingga memberikan kesejukan dan dapat menghangatkan di sore dan malam hari. Kekurangannya adalah jika terjadi disposisi datau tak tepat dalam pemasangan awalnya maka akan menyebabkan kebocoran. Dari segi ekonomis, genteng tanah liat juga relatif murah.  Terdapat berbagai jenis genteng tanah liat yang memiliki perbedaan dari bentuk dan ukuran.

 

Genteng Gojer / Morando

Berbentuk seperti gelombang, jenis genteng ini sebagian berbentuk melengkung kebawah dan sebagian lagi melengkung keatas. Terbilang enteng, genteng ini memiliki daya tahan yang kuat namun memerlukan  kecermatan dalam pemasangannya agar rapi. Panjang 33 cm, lebar 23 cm, berat 2,25 kg, dibutuhkan jumlah 15 buah per meter persegi. Sebenarnya terdapat dua pilihan diantaranya yang sudah di galsur dan belum di galsur. Jika lebih memilih membeli yang belum diglasur, Anda tetap harus di cat agar terhindar dari serangan lumut.

 

Genteng Mantili Biasa

Jika dilihat, genteng mantili biasa sekilas mirip dengan press biasa namun bentuknya berbeda. Termasuk kedalam genteng hias, jenis ini juga terbilang paling laris karena relatif hemat karena hanya dibutuhkan volume isi 24 buah per meter persegi. Daya tahannya juga kuat dan tidak mudah pecah sehingga dapat digunakan berpuluh-puluh tahun.

 

Genteng Mantili Turbo

Memiliki karakteristik yang sama dengan mantili biasa, genteng mantili turbo memiliki ukuran yang lebih besar yaitu panjang 33 cm, lebar 23 cm, tebal 1,5 cm, dan sedikit lebih berat yaitu 2,3 kg. Termasuk kedalam genteng hias, jenis ini juga terbilang paling laris karena relatif hemat karena hanya dibutuhkan volume isi 20 buah per meter persegi. Kedua jenis genteng mantili ini juga cocok dipakai untuk rumah minimalis.

Baca juga : Jasa Desain Rumah Terbaik di Banjarmasin

Genteng Kodok / Prentul / Karangpilang / Goodyear

Genteng Kodok memiliki penahan air hujan yang berada di bagian ujung atasnya sehingga dapat menahan tampiasnya air hujan dan angin kencang. Jenis ini juga memiliki 2 buah pengait sehingga reng yang digunakan harus lurus agar tidak miring. Ukuran panjang 29 cm dengan lebar 21 cm memiliki berat 1,2 kg. Dengan ukuran ini, dibutuhkan sekitar 25 buah genteng untuk per meter perseginya.

 

Genteng Garuda

jenis genteng ini memiliki desain 2 galombang atau talangan yang berfungsi memecah air. Gelombang ini juga berfungsi mengikat genteng satu sama lain sehingga tampilannya juga terlihat lebih artistik. Anda perlu berhati-hati dalam penyusunanya yang harus agak tegak agar rembesan air tidak terjadi. Terdapat dua jenis bentuk genteng ini yaitu genteng garuda gelombang dan genteng garuda sudut. Ukuran rata-rata yaitu panjang 31 cm, lebar 24 cm, berat rata-rata 2 kg.

 

Genteng Plentong

Ini dia jenis genteng yang dikenal sebagai jenis genteng yang umum atau standar. Permukaannya berbentuk datar dari atas hingga kebawah, namun melekuk dibagian samping. Jenis Panjang 27,5 cm2, lebar 22,5 cm2, berat 1,5 kg, dibutuhkan jumlah 25 pcs per meter persegi. Untuk sistem pemasangannya juga terbilang mudah.

 

Jenis Genteng Metal / Logam

Terbuat dari bahan dasar metal dan logam, ketebalan yang dimiliki sekitar 0,3 mm. Benefit yang diberikan dari jenis ini adalah ukurannya yang lebih lebar yaitu 60-120 cm atau lebih besar dari genteng kebanyakan sehingga dapat mempercepat pemasangan sebuah rumah karena pemasangannya juga sangat mudah. Tak serumit jenis tanah liat yang harus disusun, genteng yang memiliki beban ringan ini menggunakan sekrup dalam pemasangannya namun harus tetap teliti agar tetap rapi. Meskipun demikian, dengan bahan ini juga anti pecah sehingga aman dari kebocoran. Bahannya juga tidak menimbulkan panas dan tidak mudah terbakar. Selain itu, Anda tak perlu khawatir dengan serangan lumut karena dilapisi anti lumut yang mengurangi biaya tambahan pengecetan ulang di kemudian hari. Anda juga tak perlu khawatir dengan nilai estetika yang dimunculkan karena jenis ini tersedia cukup variatif sehingga dapat diserasikan dengan pemilihan cat rumah Anda.

 

Jasa Arsitek Rumah yang berpengalaman dan profesional banyak dicari seiring kesadaran masyarakat akan pentingnya dalam mewujudkan rumah impian. hub 081245093478

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here