Jasa Arsitek Indonesia – Penggunaan beton ekspos pada rumah tinggal belum banyak diaplikasikan, mengingat beton ekspos memberikan kesan berat. Orang awam menyebutnya ‘seperti bangunan belum jadi’. Aplikasinya pada rumah tinggal, membuat rumah tampil lain dari lingkungannya yang saat ini didominasi tren rumah minimalis. Aplikasi dinding beton merupakan ciri dari gaya arsitektur art deco, gaya yang mempengaruhi seni dekoratif seperti arsitektur, desain interior. Gaya ini merupakan gabungan dari berbagai gaya seperti Konstruksionisme, Kubisme, Modernisme, Bauhaus, Art Nouveau, dan Futurisme. Art Deco bersifat dekoratif, anggun, fungsional, ultra modern.

 

ARTDECO

Di dunia arsitektur, gaya ini tidak menyuguhkan suatu sistem atau solusi baru, namun Art Deco berbicara tentang permukaan dan bentuk. Arsitektur Art Deco merupakan arsitektur ornamen, geometri, retrospeksi, warna, tekstur, cahaya dan simbolisme.

 

Art Deco banyak bereksperimen dengan memakai teknik dan material baru, misalnya metal, kaca, beton, plastik dan menggabungkannya dengan penemuan-penemuan baru. Karya-karya Art Deco memakai warna-warna kuat serta bentuk-bentuk abstrak yang geometris misalnya bentuk tangga, segitiga dan lingkaran terbuka. Namun kadang masih menggunakan motif tumbuhan dan figur, tetapi itupun cenderung geometris. Jadi komposisi elemennya mayoritas dalam format sederhana.

 

Bangunan menggunakan struktur beton dan tanpa dekorasi sering diklasifikasikan sebagai arsitektur Art Deco karena bentuknya yang geometris dan tidak ada dekorasi. Pengaruh Art Deco di Indonesia dibawa oleh arsitek-arsitek Belanda, C.P. Wolff Schoemaker dan A.F. Aalbers.

 

BETON

Berbicara tentang gaya Art Deco, tidak ada salahnya untuk mengetahui salah satu elemen pembentuknya yaitu beton yang kental dengan nuansa industrial style-nya. Nilai plus dari beton ekspos diaplikasikan di rumah tinggal karena tekstur dan warnanya yang unik. Selain itu beton ekspos tidak memerlukan finishing. Meskipun terkesan berat dan monoton, tapi banyak juga yang menyukainya. Biasanya rumah seperti ini dianggap aneh karena lain sendiri. Biasanya beton ekspos diterapkan pada dinding dan plafon.

 

KWALITAS PERMUKAAN

 

Faktor penting untuk mendapatkan kwalitas permukaan beton ekspos, antara lain;

– MUTU CETAKAN.

Pertama, kekakuan (stiffness), jika cetakan lendut dan tidak rigid ketika pengecoran akan mengakibatkan variasi warna permukaan dan timbul bintikbintik agregat. Kedua, daya serap (absorbency). Daya serap bekisting kayu baru akan berbeda setelah dipakai berkali-kali. Ketiga, kekedapan terhadap air (watertightness). Bocornya air semen dapat mengakibatkan keropos, dan untuk menghindari hal tersebut bekisting harus dibuat rapat, ditempel dengan waterproof tape strip.

Baca Juga : Jasa Arsitek Rumah Murah di Bandar Lampung

– PERENCANAAN CAMPURAN BETON.

Merencanakan jenis semen yang harus mampu menjamin warna akan seragam. Menentukan pasir, kerikil dan batu yang dipilih sesuai dengan tekstur yang diinginkan. Merencanakan kandungan semen yang tinggi dan rasio kandungan semen dengan air yang rendah.

 

– PENGECORAN DAN PEMADATAN.

pengecoran dilakukan layer-layer tanpa menimbulkan cold joint dan tebal yang seragam dengan kecepatan yang terukur. Kemudian pemadatan dilakukan dengan mengunakan vibrator tanpa menyentuh bekisting.

 

– PERAWATAN DAN PROTEKSI.

Dilakukan setelah bekisting di bongkar. Air yang mengandung besi dan garam dapat mengakibatkan warna menjadi tidak seragam. Perawatan sebaiknya dengan plastic dan dilindungi dari benturan dan noda.

 

Bangunan yang mengaplikasikan beton ekspos pada seluruh permukaan dinding terbukti cukup serasi dengan elemen kaca. Beton ekspos dapat diaplikasikan baik untuk elemen luar maupun elemen dalam. Satu hal yang keuntungan eksplorasi beton ekspos adalah tidak memerlukan fininshing seperti gambar dinding disamping dan gambar kolom dibawah ini.

 

Tips Untuk Anda

PAGAR BETON

Anda pasti pernah melihat beberapa properti menggunakan pagar beton sebagai pembatasnya. Dan saat ini sudah banyak yang menggunakan pagar beton tersebut. Tapi tahukah anda, kelebihan pagar beton sehingga banyak yang menggunakannya. • Konsistensi mutu terjamin, karena dibuat di pabrik dengan kontrol kualitas prima.

– Sangat ideal untuk proyek-proyek dengan sistem Knock Down, karena dengan mudah bisa dibongkar pasang.

– Permukaan yang halus dan kualitas beton ekspos, tidak memerlukan biaya finishing.

– Bisa digunakan di berbagai jenis lokasi dan berbagai jenis pondasi.

– Waktu pemasangan yang lebih cepat, mudah dan praktis.

– Harga bersaing dengan sistem pagar konvensional yang saat ini beredar di pasaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here