Jasa Arsitek Indonesia РPencahayaan adalah salah satu hal yang harus anda perhatikan untuk mewujudkan rumah impian anda, tujuannya agar rumah yang Anda huni  terasa nyaman.

 

Pertanyaan tentang pencahayaan rumah minimalis seperti seberapa penting kah pencahayaan rumah? Penting bagi anda untuk bisa mengatur suasana rumah sedemikian rupa agar rumah anda menjadi nyaman. Salah satu faktor penting yang dapat membuat suasana rumah menjadi bagus adalah penataan cahaya yang tepat.

 

Rumah minimalis yang kekurangan pencahyaan akan terasa sangat gelap dan tidak akan membuat rumah tersebut indah. Nah, sudah pasti dengan pencahayaan yang tepat dan tidak berlebihan rumah hunian Anda akan terasa lebih nyaman untuk kita tempati.

 

Hal yang harus diperhatikan dalam mengatur pencahayaan rumah minimalis adalah pemilihan sumber cahaya. Ada dua macam sumber cahaya, yakni melalui lampu dan cahaya matahari.

 

Pencahayaan Ruangan dengan Bantuan Cahaya Matahari

Dalam pencahayaan rumah minimalis, usahakan anda memiliki jendela lebih dari satu di rumah. Sehingga nantinya cahaya matahari dapat masuk ke rumah, dan membuat rumah anda menjadi lebih terang. Kamar tidur dapat dipasang jendela kaca yang besar, dengan dilengkapi tirai. Anda tentu tahu hotel maupun villa yang mewah biasanya menggunakan cara yang sama, agar saat pagi menjelang, jendela tersebut dapat dibuka, sehingga cahaya matahari pagi dapat masuk menerangi ruang tidur anda.

 

Selain menggunakan jendela, anda juga bisa gunakan langit-langit atau atap rumah Anda yang diganti dengan kaca atau bahan lain yang bisa membuat cahaya tembus kedalam rumah. Hal tersebut dapat anda tempatkan di ruang tengah sehingga pencahayaan rumah minimalis ketika siang hari ruang tengah anda tetap terang karena sinar matahari. Fentilasi udara diatas jendela kaca juga dapat menjadi sarana masuknya cahaya kerumah. Gunakan 3 sarana itu dengan baik maka rumah anda akan dengan mudah dimasuki cahaya matahari yang cukup.

Baca juga : Jasa Bangun Rumah yang Tepat di Bandung

Desain Pencahayaan Ruangan dengan Bantuan Cahaya Lampu

Sebagai penghias ruang tamu dalam rumah , anda dapat menggunakan berbagai variasi warna lampu, ingat gak melulu harus berwarna putih ya. Sesuaikan saja sama selera dan pastinya harus nyambung dengan dekor cat dinding Anda agar tetap terlihat enak dipandang. Untuk ruang tamu, pilihlah warna yang terang, anda dapat menggunakan warna putih, ataupun warna redup agar terlihat eksotis.

 

Untuk warna lampu jangan terlalu banyak warna, pilih satu warna lampu yang dominan. jika anda memiliki hiasan pada ruang tamu selain sofa misalnya lukisan, anda dapat menggunakan lampu tambahan diatas lukisan tersebut. Contohnya dengan menggunakan lampu fokus. Sesuaikan warna lampu dengan kebutuhan rumah anda, ruang tamu berbeda dengan dapur maupun ruang belajar. Dalam pencahayaan rumah minimalis, dapur dan ruang belajar lebih membutuhkan warna lampu yang terang karena untuk mendukung aktifitas bekerja dan konsentrasi. Ruang tamu dapat anda beri variasi lain, tidak harus sangat terang asalkan nyaman. Begitu juga dengan kamar tidur, suasana nyaman lebih diperlukan.

 

Untuk itu pada pencahayaan rumah minimalis, pilih warna-warna redup agar suasana menjadi lebih nyaman. Atau agar anda bisa memilih pasang dua lampu, satu lampu untuk langit-langit yang berwarna terang, satu lagi lampu hias untuk dipasang di meja yang biasanya ada tudungnya. Model lampu yang kedua pilih yang ada pilihan kadar terang cahayanya. Jaman sekarang banyak lampu hias yang dapat diatur cahayanya, sesuai dengan pilihan anda.

 

Jasa Arsitek Rumah yang berpengalaman dan profesional banyak dicari seiring kesadaran masyarakat akan pentingnya dalam mewujudkan rumah impian. hub 081245093478

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here