Jasa Arsitek Indonesia – Bagaimana desain interior kamar tidur yang nyaman? Kamar tidur menjadi satu ruang yang mestinya mendapatkan perhatian yang lebih optimal dibandingkan dengan ruangan lain yang ada di satu rumah.

Pemikiran ini tentu saja bagi siapa saja yang mengdepankan dan mengutamakan rasa nyaman dan privasi ketika berada di dalam kamar tidur. Untuk itulah maka pemikiran mengenai pemberian desain interior kamar tidur yang tepat dan sesuai akan menjadi pertimbangan utama.

Yang dinamakan dengan desain interior adalah sebuah ilmu yang mempelajari mengenai perancangan akan suatu karya seni yang terdapat dalam bangunan tertentu. Perancangan ini kemudian dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh manusia. Jadi, desain interior ini sangatlah berhubungan dengan bidang arsitektur karena meliputi perancangan interior yang ada dalam bangunan tersebut.

Ada tiga macam pembagian di dalam desain interior ini. Di antaranya adalah perancangan untuk interior tetap, perancangan untuk interior bergerak atau moveable dan perancangan dekoratif.

Perancangan untuk interior tetap adalah desain interior yang diberikan untuk bangunan dan segala hal yang menjadi komposisi atau komponen penyusun bangunan itu sendiri. Misalnya lantai, langit-langit, animasi, perspektif, maket atau teknis presentasi lainnya.

Untuk perancangan interior bergerak berhubungan dengan hal yang memiliki sifat lebih mikro. Misalnya adalah oembuatan desain furniture, desain dari produk tertentu, desain interior yang berhubungan dengan landscape atau yang lainnya.

Dalam pemberian desain interior itu sendiri, ada beberapa hal yang termasuk di dalamnya dan menjadi pertimbangan. Sebut saja mengenai pemilihan furniture yang akan ditempatkan di dalam ruangan yang ada, aksesoris yang akan ditempatkan di sana seperti lampu, lukisan, tanaman indoor dan yang lain.

Hal ini juga berhubungan dengan pemberian cat ataupun wall paper yang ada di dalam ruangan yang dimaksudkan. Sedangkan untuk menerapkan desain interior ini, ada beberapa prinsip utama yang dapat diterapkan, di antaranya adalah sebagai berikut.

Bentuk dan ukuran. Hal ini berhubungan dengan proporsi dan skala dari satu ruang tertentu. Sehingga dengan ini maka satu ruangan akan terlihat dengan lebih seimbang dan proporsional.

Warna, warna merupakan salah satu hal utama yang ada di dalam penentuan desain interior ini, warna akan memiliki pengaruh dalam hal psikologis untuk ruangan itu sendiri dan siapa saja yang berada di dalam ruangan itu sendiri.

Daya tarik ruangan atau yang juga dikenal dengan sebutan focal point. Hal ini berhubungan dengan posisi pintu atau jendela di ruangan tersebut sebagai pelaksana peran dari kedua hal ini.

Detail. Hal ini berhubungan dengan beberapa hal kecil yang tetap saja memiliki porsi untuk diperhitungkan, misalnya adalah bagaimana tata cahaya yang akan diberikan di ruangan tersebut, pemilihan lokasi untuk peletakan pot bunga, saklar lampu ataupun yang lain. Hal detail ini tetap membutuhkan pertimbangan pemikiran untuk menambah nilai dari desain interior itu sendiri.

Keseimbangan. Hal ini adalah sebuah kesatuan dari seluruh rangkaian yang telah diberikan di dalam desain interior yang ada sehingga membentuk satu kesatuan yang diharapkan.

Baca juga : Jasa Bangun dan Desain Rumah Toko di Palembang

Tema Utama Kamar

Tema utama kamar ini akan menentukan keseluruhan dari desain interior kamar tidur ini. Karena dengan tema utama inilah akan dikembangkan dalam beberapa hal yang lebih rinci lagi seperti warna dan yang lainnya.

 

Ada banyak tema utama yang dapat dipilih untuk desain interior ini. Misalnya tema untuk kamar tidur yang minimalis, kamar tidur yang mewah dan elegan, kamar tidur untuk anak, ataupun jenis tema yang lainnya.

 

Pemilihan tema utama ini tentu saja akan dikaitkan dengan selera dan keinginan dari penghuni kamar tidur tersebut. karena memang nantinya kamar tidur ini akan menjadi milik dari penghuninya dan akan menentukan rasa nyaman ketika berada di dalamnya.

 

Warna

Pemilihan warna juga menjadi pertimbangan yang utama di dalam desain interior untuk kamar tidur ini. warna juga akan disesuaikan dengan selera dan keinginan dari penghuni kamar.

 

Ada beberapa orang yang lebih memiliki warna kamar yang lebih terang dan ceria. Ataupun dilakukan kombinasi warna antara satu warna dengan warna yang lainnya. dapat pula untuk dilakukan hal lainnya yang berhubungan dengan warna.

 

Warna yang dimaksudkan dapat berhubungan dengan warna utama dari dinding pada kamar tidur. Atau pemilihan warna untuk apa yang ada di dalam kamar tidur tersebut misalnya adalah perabotan atau furniture, segala bahan yang ada di sana seperti bantal, guling ataupun sprei.

 

Saat ini, ada satu terobosan di dalam penentuan warna untuk ruang kamar tidur ini, yaitu dengan pemberian wall paper atau gambar yang dapat ditempelkan di dalam dinding kamar tidur. Dengan ini, maka kamar tidur akan memiliki gambar yang sesuai dengan keinginan penghuninya. Kamar tak lagi hanya terlihat dengan pulasan cat di dindingnya namun di dinding dapat terlihat gambar tertentu.

 

Pemilihan Furniture

Pemilihan dari furniture ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari apa yang ada di dalam kamar tidur ini. Furniture atau perabotan utama di dalam kamar adalah tempat tidur atau ranjang dan juga kasur.

 

Kalaupun ada dan dibutuhkan jenis furniture yang lainnya maka disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dari barang tersebut ketika berada di dalam kamar dan juga berdasarkan pada luas dari kamar itu sendiri. Sehingga kamar tidur tidak akan terlihat penuh sesak oleh banyaknya perabotan yang ada di dalamnya.

Jasa Arsitek Rumah yang berpengalaman dan profesional banyak dicari seiring kesadaran masyarakat akan pentingnya dalam mewujudkan rumah impian. hub 081245093478

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here