jasa arsitek rumah gratis

Jasa Arsitek Indonesia – Desain dan konsep minimalis dalam bangunan atau rumah minimalis modern sesungguhnya muncul sebagai bentuk protes terhadap beberapa aliran dalam arsitektur yang dinilai terlalu boros dalam penggunaan material bangunan, seperti kayu, batu batuan, dan lain lain yang dikhawatirkan akan merusak keseimbangan alam.

 

Maka desain minimalis muncul dengan konsep yang lebih sederhana, dan lebih fokus pada fungsi baik untuk ruangan maupun perabot yang digunakan. Demikian juga dengan desain pada rumah minimalis modern. Para arsitek yang punya andil besar dalam memopulerkan gaya minimalis dalam arsitektur bangunan adalah Le Corbusier dan Ludwig Mies van der Rohe. Simplicity atau kesederhanaan menjadi unsur kuat dan penting dalam desain minimalis yang mereka bawa.

 

Dalam dunia arsitektur, desain minimalis menekankan hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional. Desain rumah minimalis modern atau bangunan minimalis didominasi bentuk-bentuk geometris elementer tanpa orname atau dekorasi. Inovasi terhadap aneka material seperti baja, beton, kaca, tidak bisa dielakkan terjadi dalam perkembangan desain minimalis. Ini menjadikan sebuah tantangan baru bagi para arsitek.

 

Ciri Khas Desain Rumah Minimalis Modern

Tren hunian atau rumah saat ini juga mengacu pada desain dan konsep minimalis. Desain rumah minimalis modern ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai gaya simple, sederhana namun tetap menawan. Konsep kesederhaan juga menjadi dasar pemilihan warna yang menggunakan warna-warna netral dan kalem, yang memberikan kesan elegan, rapi, dan modern. Ada beberapa ciri menonjol dalam desain arsitektur rumah minimalis modern, yang bisa dilihat dari bagian luar (eksterior) maupun bagian dalam (interior), yaitu :

 

  1. Ciri Khas Rumah Minimalis Modern dari Bagian Luar (eksterior)

 

Garis-garis geometris tegas dengan garis-garis vertical atau horizontal yang mendominasi merupakan ciri yang bisa dilihat dari luar.

 

Rumah minimalis modern mempunyai bukaan yang lebar, pintu dan jendela yang juga lebar untuk memberikan pandangan lebih leluasa pandangan ke setiap sudut rumah.

Landscape dan penataan taman juga terkesan simpel. Tanaman besar biasanya digunakan sebagai vocal point.

Atap berbentuk datar atau hampir datar adalah yang menonjol dari bangunan rumah minimalis modern.

 

  1. Ciri Khas Rumah Minimalis Modern dari Bagian Dalam (Interior)

 

Lebih banyak memanfaatkan ruang yang terbuka dan minim penyekat ruang.Ornamen-ornamen yang rumit seperti ukiran tidak digunakan di sini.Jenis furniture juga simple, polos, namun tegas. Dan sekali lagi, tidak ada corak berukir dalam furniture.Penggunaan kaca dan permainan warna biasanya diterapkan untuk interior rumah minimalis modern, dengan tujuan menjauhkan dari kesan monoton dan kaku. Permainan cahaya baik dari lampu maupun cahaya alami yang menembus kaca, begitu pula dengan permainan warna akan memberikan efek dramatis dan menambah keindahan.

 

Tips Membangun Rumah Minimalis Modern

Pengecatan adalah proses penting yang sangat menentukan hasil akhir konsep rumah minimalis modern. Memadupadankan warna dengan tepat bisa menjadi salah satu rahasia di balik indahnya desain rumah minimalis modern yang Anda miliki. Ketepatan dalam memilih warna akan menimbulkan kesan harmonis dan selaras yang bisa memengaruhi nuansa dari rumah minimalis modern Anda secara keseluruhan.

Baca juga : Jasa Bangun Rumah dan Desain Pagar Rumah Terbaik di Palu

Kesalahan dalam menerapkan warna ternyata bisa memengaruhi keselarasan dari rumah Anda. Oleh karena itu warna yang selaras menjadi hal penting yang wajib diaplikasikan pada rumah minimalis modern Anda secara keseluruhan.

 

Warna-warna cerah namun netral bisa diterapkan pada dinding ruangan. Anda juga bisa berekspresi dengan warna untuk menghindari kesan monoton, misalnya dengan ‘menabrakkan’ dua warna. Pilihan warna senada juga dapat Anda terapkan pada pilar-pilar rumah (jika ada). Untuk mendapatkan kesan yang lebih personal, Anda bisa membedakan warna untuk setiap ruangan di rumah minimalis modern Anda.

 

Kamar tidur misalnya, penggunaan warna-warna turunan dari warna kesukaan adalah pilihan yang bijak. Ditambah dengan pemilihan perabotan, aksesori dan pencahayaan yang tepat, maka ruang pribadi ini tidak terasa nyaman tanpa kehilangan nuansa dari desain rumah minimalis modern.

 

Penggunaan warna-warna turunan dari warna kesukaan Anda dan pasangan juga akan memberikan kesan hangat pada bagian dapur rumah minimalis modern yang Anda miliki. Misalnya warna-warna turunan orange, merah dan hijau yang dapat memberikan sensasi bersih dan segar. Warna-warna turunan yang digunakan tersebut tetap harus mengacu pada keseimbangan dan keselarasan dengan warna rumah secara keseluruhan. Untuk mempercantik dinding, Anda bisa menggantungkan frame lukisan atau foto yang simple tanpa ukiran.

 

Untuk teras rumah minimalis modern, Anda bisa padukan warna-warna cat yang cerah dengan aplikasi batu alam yang berwarna soft dan berkarakter. Saat ini tersedia banyak pilihan batu alam yang dapat digunakan. Kosen alumunium warna gelap direkomendasikan untuk digunakan pada kosen pintu dan jendela. Seandainya Anda memilih kosen kayu, pilih yang tidak memiliki banyak proful untuk menjaga nilai minimalis.

 

Sementara itu untuk warna lantai, sebaiknya pilih warna gelap. Jika Anda tertarik menggunakan lantai kayu, hal tersebut juga diperbolehkan untuk rumah minimalis modern. Di atas lantai yang berwarna gelap, Anda juga bisa memasang karpet berwarna netral seperti coklat atau abu-abu tanpa motif.

 

Jasa Arsitek Rumah yang berpengalaman dan profesional banyak dicari seiring kesadaran masyarakat akan pentingnya dalam mewujudkan rumah impian. hub 081245093478

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here