Jasa Desain Rumah Terbaik – Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Seperti apa desain rumah masa kini? Pertanyaan ini seringkali muncul bagi mereka yang ingin membangun rumah, atau merenovasi rumah mereka, khususnya dari sisi arsitektural. Wajar, karena tentu kita tidak ingin terlihat ketinggalan jaman atau tidak mengikuti perkembangan. Rumah masa kini lebih condong untuk mengaplikasikan ide-ide baru baik dari segi arsitektur, interior dan lansekap. Itulah sebabnya, tren terkini selalu menjadi incaran banyak orang sebagai panutan. Namun sesungguhnya, desain rumah hendaknya mencerminkan kebiasaan, karakter dan gaya hidup penghuninya. Jangan Anda tergiur oleh suatu gaya atau desain tertentu, hanya karena tren semata.

Rumah tinggal merupakan tempat bernaung seseorang dan keluarganya. Aktifitas dan gaya hidup yang berbeda-beda tentu menuntut wadah berlindung yang berbeda pula. Banyak hal personal yang mempengaruhi perancangan rumah tinggal. Sebuah rumah berarsitektur modern di Indonesia bisa tampil dengan sentuhan tradisi. Ini karena kebudayaan masyarakat tetap memiliki pengaruh dalam pembagian fungsi ruang. Kesibukan kehidupan perkotaan turut mempengaruhi fasad rumah, dengan tampil lebih sederhana dan ringan. Namun, tak menutup kemungkinan interior rumah akan ditata secara maksimalis untuk mengeksplor kecintaannya terhadap budaya timur.

Arsitektur bukanlah soal bentuk fisik semata. Sebuah arsitektur rumah tinggal, hendaknya dapat menerjemahkan karakteristik dan keunikan masing-masing pemilik rumah ketimbang sekadar mengikuti tren. Masyarakat Indonesia yang memiliki keberagaman budaya dapat menampilkan keindahan bentukan rumahnya tanpa harus terbelenggu oleh tren.

Desain rumah masa kini makin kreatif, lewat teknologi material dan cara aplikasi yang beragam. Dinding rumah tak lagi harus berlapis cat dengan warna-warni tertentu, namun bisa tampil polos dengan semen unfinished atau beton ekspos yang menampilkan kejujuran material. Grassblock yang identik sebagai material untuk perkerasan atau menutup tanah berumput pada lapangan parkIr, ternyata bisa beralih fungsi sebagai dinding. Demikian pula susunan ribuan botol-botol bir atau minuman energi yang bisa disulap menjadi dinding sekaligus sebagai elemen dekoratif. Unik dan estetis.

Baca Juga – JASA DESAIN RUMAH RAMAH LINGKUNGAN DI BOGOR TERBAIK

Rumah Tropis

Rumah tropis masih mendominasi desain rumah masa kini di Indonesia. Ini karena iklim tropis yang ada seringkali menimbulkan panas matahari berlebih, kelembaban yang cukup tinggi, curah hujan, pergerakan angin dan sebagainya. Desain arsitektur tropis tidak sekedar memperhitungkan agar bangunan tidak panas dan ketika hujan tidak tampias, namun juga bagaimana untuk menciptakan kenyamanan tinggal di dalamnya, semisal dengan membuat plafon tinggi, banyak bukaan, desain jendela, ventilasi silang, atap miring dan ebagainya.

Untuk mendinginkan dinding, dapat dibuat ’secondary wall’ setelah dinding utama, di mana ruang diantaranya akan berfungsi sebagai tempat peredam panas. Tidak hanya karena ketebalannya dapat memperpanjang radiasi panas, namun sistem aliran udara yang terjadi di ruang transisi dapat mendinginkan ruang utama. Berbagai material bisa digunakan sebagai secondary wall mulai dari papan, kayu, bekas bantalan rel kereta api, bambu hingga besi atau baja. Eksplorasi desain terus dilakukan, sehingga padu padan material bisa menampilkan keindahan.

Arsitektur Hijau

Kesadaran akan arsitektur hijau juga menjadi hal yang mempengaruhi desain rumah tinggal masa kini. Menghindarkan bumi dari kerusakan akibat pemanasan global, dapat dimulai dari desain rumah tinggal. Memadukan bangunan hemat energi dan material ramah lingkungan sangat berkontribusi terhadap penurunan konsumsi energi.

Desain bangunan hemat energi, membatasi lahan terbangun, layout sederhana (efisiensi ruang), efisiensi bahan, kualitas bangunan bermutu dan material ramah lingkungan menjadi hal yang diutamakan. Efisiensi ruang yang dimaksud disini adalah menggabungkan lebih dari satu fungsi dalam satu ruangan, misalnya ruang tamu dengan ruang keluarga. Sebagai ganti untuk menerima tamu, tempatkan set meja dan kursi di teras. Pengembangan atap bangunan menjadi taman atap pun makin banyak digunakan karena memiliki nilai ekologis tinggi (suhu udara turun, pencemaran berkurang dan bertambahnya ruang hijau).

Penggunaan material yang tepat berperan besar dalam menghasilkan bangunan berkualitas yang ramah lingkungan. Pilih material lokal yang mudah dijangkau untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak, produksi karbon monoksida kendaraan, dan juga menghemat biaya. Selain itu, bisa pula digunakan material bekas pakai yang masih layak. Misalnya bambu yang semula berfungsi sebagai perancah, bisa digunakan kembali sebagai pembatas dinding misalnya. Atau genteng bekas pakai yang bisa disusun kembali menjadi penutup dinding. Desain rumah masa kini tidak lagi hanya terpaku pada gaya atau tampilan luarnya saja, namun juga perlu mempertimbangkan kelestarian lingkungan, terutama dalam menghadapi pemanasan global. Desain rumah ramah lingkungan bisa direncanakan sejak awal, sehingga rumah tidak hanya indah tapi juga sehat.

Jasa Arsitek Rumah yang berpengalaman dan profesional banyak dicari seiring kesadaran masyarakat akan pentingnya dalam mewujudkan rumah impian. Hubungi 081245093478

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here