Desain rumah kost sangat beragam dan bervariasi. Semakin berkembangnya bisnis properti, bisnis kos menjadi salah satu pesaing bagi hotel-hotel di beberapa kota besar. Konsep kos yang kini sewanya tidak hanya dalam 1 bulan atau setahun membuat semua orang yang butuh sewa kamar menjadi semakin dipermudah. Fasilitas lengkap dan modern serta suasana homey yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri dari kos untuk menarik para penyawa. Lantas, bagaimana desain rumah kos ini berkembang dan bagaimana dengan jenis konsepnya? Artikel ini akan menjawabnya untuk Anda.

Ini dia jenis konsep dan tips desain rumah kost terbaik yang bisa ditiru

Jenis Konsep dan Tips Desain Rumah Kost Terbaik

Design rumah kost sederhana tidak bertingkat

Salah satu konsep kos yang banyak ditemukan di pinggiran kota adalah konsep rumah 1 lantai dengan kamar memanjang membentuk huruf U atau kamarnya berhadap-hadapan. Model dan konsep rumah kost jenis ini biasanya ditawarkan dengan harga yang relatif murah dan dapat dihuni oleh penyewa keluarga. Tentunya harga diseimbangkan dengan fasilitas yang ditawarkan, luas kamar, dan kenyamanan dalam kos-kosan tersebut. Untuk membuat rumah kos 1 lantai ini biasanya dibutuhkan lahan yang cukup luas jika ingin jumlah kamarnya cukup banyak dan BEP semakin cepat. Rumah kos yang nyaman akan menjadi nilai tambah bagi design rumah kost sederhana 1 lantai atau tidak bertingkat ini.

Design rumah kost modern bertingkat, 2 atau 3 lantai

Kemajuan dunia properti mengantarkan konsep baru dalam desain rumah kost, yakni rumah kost 2 lantai dan 3 lantai. Bahkan, di kota besar, konsep kosan ini hadir dengan 4 lantai dengan gazebo yang indah di bagian atap. Lokasi ini jelas menjadi tempat istirahat dan akan memperkaya fasilitas rumah kost tersebut. Sekaligus menjadi daya tarik tersendiri baginya. Untuk rumah kost dengan desain dan konsep bertingkat ini, munculnya matahari dan letak matahari terbenam menjadi pertimbangan yang cukup serius. Pasalnya, penghuni kos akan lebih senang ketika berada di kos bisa melihat terbenamnya matahari dan menikmati pemandangan saat pagi hari. Biasanya, pertimbangan ini akan mempengaruhi arah kos, arah jendela dan kos, sekaligus arah pintu. Selanjutnya, bisa dikatakan kalau konsep kedua ini sekarang banyak peminat. Sebabnya, dengan modal yang kecil (luas tanah tidak perlu luas sekali) tetapi mudah mendapatkan uangnya kembali alias BEP. Pun demikian, desain rumah kos ini tidak lantas menggerus konsep yang pertama.

Design rumah kost seperti hunian biasa

Jika sekarang muncul istilah smart hotel, maka kreasi dan inovasi kos juga menuju ke arah kos harian dengan konsep yang sangat homey. Desain kamar kosnya tidak beda jauh dengan smart hotel yang kini sedang berkembang. Bedanya adalah kesan hangat seperti berada di rumah sendiri. Dan ini tentu menjadi daya tarik tersendiri sekaligus menjadi saingan yang nyata bagi hotel-hotel di kota besar.

Nah, dari 3 jenis konsep desain rumah kost di atas, manakah yang akan Anda pilih untuk rumah kos Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here