Izin mendirikan bangunan atau yang lebih mudah dan sering disebut IMB merupakan sebuah surat yang harusnya diurus saat hendak mendirikan sebuah bangunan. Melalui IMB ini dapat digambarkan kondisi lahan dan apakah lahan tersebut boleh didirikan bangunan atau tidak. Saking pentingnya IMB dan banyaknya orang yang ingin mengurusnya, kantor pengurusan IMB biasanya dipenuhi oleh orang yang mengantre dan mengurus sekaligus calo yang sudah pasti menerapkan biaya cukup besar untuk pengurusannya. Maka dari itu, lahirlah ide untuk membuat IMB secara Online sekaligus memiliki sejumlah manfaat baik untuk kita semua yang membutuhkan IMB sebelum mendirikan bangunan. Apa saja manfaatnya? Kami akan mengulas IMB Online dan dampaknya dalam artikel ini

Ini Beberapa Dampak Positif dari Izin Mendirikan Bangunan Secara Online

Manfaat Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan Online

Berkurangnya antrean

Hal yang paling penting dan patut digarisbawahi dalam pengurusan IMB secara Online adalah antrean panjang yang dapat ditekan. Hal ini karena secara Online, para warga akan mengurus IMBnya sesuai dengan alur yang ditentukan di lokasi yang mereka sukai. Bahkan, mengurus IMB bisa dilakukan di rumah jika memang sudah memiliki koneksi internet. Kalaupun tidak ada koneksi internet, warga yang ingin mengurus surat pendirian bangunan ini bisa datang ke warnet terdekat untuk mengisi sejumlah form dan melakukan pendaftaran.

Selesai dalam waktu singkat

Jika biasanya Ijin mendirikan bangunan atau IMB selesai digarap dalam waktu 15 hari jika dilakukan secara manual, maka dengan mengikuti prosedur pengurusan IMB secara Online ini akan banyak waktu yang bisa dihemat. Bahkan diklaim bahwa IMB Online hanya membutuhkan waktu 7 hari saja dari proses awal hingga selesainya pengurusan Izin mendirikan bangunan ini. Waktu 7 hari yang dapat dihemat tentu bukan waktu yang bisa dianggap remeh. Karena dengan waktu 7 hari itu Anda bisa melakukan banyak hal, apalagi jika Anda merupakan profesional muda yang sibuk di kantor.

Mengurangi tindak pencaloan

Karena dapat diurus secara Online, berarti orang yang bersangkutanlah yang harusnya mengisi semua informasi yang disediakan di internet. Ini baik, sebab bisa mengurangi tindak pencaloan yang dengan kata lain bisa menghemat banyak biaya. Sebagaimana diketahui, calo biasanya akan meminta imbalan atas jasa mereka dalam jumlah yang sangat besar.

Hemat biaya dan warga semakin cerdas

Penghematan biaya jelas bisa dilakukan dengan hanya membayar sejumlah uang untuk biaya warnet atau membeli pulsa untuk koneksi internet di rumah. Selain penghematan biaya ini, penggunaan internet juga akan membuat warga Indonesia yang sebelumnya tidak mengerti internet bisa paham dan semakin cerdas. Ini juga akan membawa kebaikan dan kemajuan teknologi di masa yang akan datang.

Namun, jika pengurusan Izin mendirikan bangunan ini menurut Anda masih terlalu ribet atau Anda tidak memiliki waktu untuk mengurusnya, Anda bisa meminta tolong kepada arsitek yang membangun rumah Anda. Siapa tahu mereka menyediakan konsultasi IMB seperti arsitekindo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here