Menata design interior ruang tamu mungil dan sempit serta menyulapnya menjadi ruangan yang nyaman dan terasa lega merupakan sebuah tantangan yang tidak bisa dikatakan kecil. Namun justru inilah hal yang banyak dialami oleh orang Indonesia. Di mana kebanyakan rumahnya memang berdiri di atas lahan yang tidak cukup lebar tetapi tetap harus di partisi menjadi ruangan yang berbeda-beda. Kecuali mereka yang tinggal di desa, mencari lahan luas untuk mendirikan sebuah rumah adalah sebuah hal yang sangat susah dilakukan. Selain karena memang ketersediaannya yang semakin sedikit, harga tanah di kota besar juga memang semakin tinggi sehingga kalah dengan bangunan-bangunan tinggi. Nah, jika Anda berniat untuk menata interior dari ruang tamu Anda yang sempit. Kami akan menyajikan beberapa tipsnya di bawah ini.

Ini dia cara menata dan mendekorasi design interior ruang tamu kecil agar nyaman

Menata Design Interior Ruang Tamu Mungil dan Sempit

Pertama, pikirkan tentang ruangan menyatu

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih ruangan menyatu. Maksudnya, Anda bisa menata ruang tamu bersamaan dengan ruang makan, ruang kerja, atau ruang lainnya (kecuali dapur dan kamar tidur) untuk dijadikan dalam satu ruangan. Yang dimaksud di sini, antara ruang tamu dengan ruang kerja tidak ada sekat pemisah sehingga tamu juga bisa langsung melihat dimensi yang cukup luas dari rumah Anda ketika masuk ke dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa membuat sebuah kaca yang tempus pandang ke bagian dalam rumah yang sewaktu-waktu bisa ditutup dengan kelambu. Ini merupakan cara yang bisa diterapkan manakala Anda benar-benar risih ruangan yang ada di bagian dalam rumah dilihat oleh tamu-tamu tertentu.

Kedua, rak buku sebagai penghias

Mungkin Anda sering melihat banyak sekali ruang tamu yang disekat dengan sebuah lemari atau rak dengan bentuk kota yang berlubang. Di rak ini ditempatkan beberapa jenis hiasan, buku, hingga benda-benda menarik lainnya. Dimensinya juga tidak terlalu besar tetapi pas untuk ruang tamu. Lemari inilah yang berfungsi memberikan sekat pemisah antara ruang tamu dengan ruang lain di rumah Anda sekaligus menghadirkan nuansa segar di design interior karena adanya hiasan yang terletak di rak tersebut. Selain itu, rak ini juga memiliki fungsi untuk menyimpan barang-barang karena bagian bawahnya biasanya terdapat laci atau bukaan khusus.

Ketiga, ruang terbuka

Cara yang lain yang dapat dilakukan untuk membuat ruang tamu yang sempit terasa lebar dan lega adalah dengan memaksimalkan interior ruang terbuka, Anda mungkin bisa membuat jendela yang cukup lebar yang langsung menunjukkan dunia luar dengan tumbuhan hijau. Atau cara lainnya asalkan cahaya yang diterima dalam ruang tamu Anda dapat maksimal. Cahaya yang dimaksud di sini adalah cahaya alami dan cahaya yang berasal dari lampu di malam hari.

Cara paling mudah untuk menata design interior ruang tamu selanjutnya adalah dengan berkonsultasi kepada ahlinya, misalnya arsitekindo.com yang tidak hanya berpengalaman dengan rumah sempit tetapi juga perkantoran dan desain interior ruang kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here