Prinsip pembuatan denah-denah rumah

Denah-denah rumah minimalisyang modern menjadi tren sekarang ini. Pasalnya, rumah ini tidak banyak membutuhkan biaya dan bisa dikerjakan dalam waktu singkat sehingga efisien dalam hal waktu. Pembuatan denah rumah minimalis modern ini tidak bisa dipisahkan dengan jasa dari arsitek, jika Anda menyewa jasa mereka untuk mendapatkan rumah. Apalagi jika Anda tinggal di Jakarta, kebutuhan akan arsitek yang paham arsitektur Jakarta tentu sangat besar. Meski memang masih banyak orang yang memilih untuk membuat denah rumah mereka sendiri. Apa pun pilihan Anda dalam hal pembuatan denah rumah, kami sajikan prinsip pembuatannya dalam artikel ini. Simak.

Ini dia prinsip pembuatan denah-denah rumah minimalis modern yang bisa diterapkan

Prinsip pembuatan denah-denah rumah

Membuat daftar ruangan

Hal pertama yang bisa dilakukan agar terbangun sebuah rumah yang nyaman adalah dengan mendata terlebih dulu ruangan apa saja yang dibutuhkan. Daftar ruangan ini seharusnya disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga, luas tanah, kebangsaan hingga agama. Orang muslim misalnya, sangat mungkin membutuhkan musholla di dalam rumah dan soal penataannya tentu disesuaikan dengan kiblat. Keberadaan musholla dalam rumah minimalis ini sedikit banyak akan berpengaruh pada arah dan letak ruangan lainnya. Sedangkan orang China biasanya akan memakai fengshui untuk menentukan arah rumahnya.

Bagaimana jika ukuran ruang kurang

Pembuatan daftar ruangan saja tidak cukup. Anda juga harus membuat ukuran ruangan disesuaikan dengan luas tanah secara keseluruhan. namun jika ukuran ruangan terlalu kecil atau tidak cukup, maka Anda bisa memilih ruangan multifungsi sebagai solusinya. Misalnya, menggabungkan ruangan dapur dengan ruang makan menggunakan perabot multifungsi. Namun perlu diingat bahwa Anda perlu melakukan skala prioritas saat mendata ukuran ruangan ini. Agar ruangan utama yang sangat Anda butuhkan tidak tersisih. Ruangan utama bisa Anda mulai dari kamar tidur dan jumlahnya, kamar mandi, ruang tamu, hingga dapur.

Jika sudah diukur berdasarkan hitungan luas tanah dan luas bangunan, kini saatnya untuk menentukan posisi masing-masing ruangannya. Tempat mencuci, kamar mandi hingga dapur bisa dibuat dalam satu jalur. Ketiga ruangan ini mungkin sekali untuk berdekatan karena sama-sama membutuhkan aliran air. Hubungannya secara langsung adalah dengan pipa air. Selanjutnya, Anda harus memisahkan bagian ini dari septic tank yang berpotensi menyebarkan kuman dan infeksi dari bakteri lain, Tentu saja, rumah yang dibuat akan jauh lebih sehat dengan cara ini.

Buat rumah sehat, caranya?

Untuk membuat denah rumah yang sehat, Anda bisa melakukan beberapa treatment, di antaranya;

  1. Perhatikan sirkulasi udara
  2. Paparan dan arah sinar matahari
  3. Taman hijau, dll

Prinsip detail dari pembuatan denah-denah rumah minimalis modern bisa ditanyakan pada jasa arsitek yang Anda pilih. Seperti arsitekindo.com yang dapat memberikan saran dan membantu membuat serta menyelesaikan masalah Anda seputar rumah tinggal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here