Design interior dalam rumah berukuran sempit terkadang membuat orang bingung dalam menatanya. Apalagi jika penghuni rumah tersebut terlalu banyak dan terasa tidak muat. Tantangan yang harus dihadapi tentu saja adalah bagaimana rumah mungil terasa nyaman dan lega di tengah keterbatasan ruangan dan ukurannya. Sebagai solusi jitu untuk mendapatkan rumah yang sesuai harapan Anda tersebut, kami akan memberikan beberapa trik mudah dan cara menata desain interior di ruangan mungil. Agar tampilannya menjadi lebih indah. Dan Anda yang tinggal di dalam rumah pun akan merasa nyaman. Simak ulasannya berikut ini.

Ini dia tips menyusun dan menata design interior rumah sempit dan mungil yang bisa Anda pilih

Tips Menyusun dan Menata Design Interior Rumah Sempit Mungil

Tahap pertama, tips memilih furnitur untuk ruang mungil

Rumah mungil identik dengan ruangan yang sempit pula. Maka dari itu, hal pertama yang harus menjadi perhatian adalah bagaimana Anda memilih furnitur terbaik. Furnitur yang baik selain berasal dari bahan yang berkualitas dan kokoh juga harus memiliki dimensi sesuai dengan ukuran ruangan. Misalnya, Anda memilih perabot untuk ruang tamu yang minimalis dan mungil, maka ukuran sofa, meja, dan perabot lain harus disesuaikan. Jangan terlalu besar tetapi tetap nyaman untuk dipakai duduk. Pilihlah yang memiliki desain ramping agar ruangan tidak terkesan sesak dan penuh. Di samping itu, Anda juga harus bisa menciptakan suasana hangat di dalam ruangan tersebut.

Tahap kedua, tips memilih warna cat dinding

Selanjutnya adalah pemilihan warna cat yang dinding yang baik. Untuk mendapatkan ruangan sempit yang nyaman dan lega, Anda harus memilih warna cat terang tetapi elegan. Warna putih dan kuning bisa menjadi pilihan yang baik. Hindari pemakaian cat dinding dengan konsep gelap, karena ini akan membuat ruangan terlihat lebih gelap dan sempit.

Tahap ketiga, tips menempatkan wallpaper

Jika Anda menyukai wallpaper untuk design interior, maka tidak ada salahnya meletakkannya dalam ruangan. Namun, Anda perlu memperhatikan peletakan wallpaper ini. Hanya gunakan sebagai aksentuasi dan fokus ruangan. Oleh karena itu, Anda bisa meletakkannya di salah satu sisi dinding saja. Bukan keseluruhan dinding ruangan tersebut.

Tahap keempat, sirkulasi udara dan cahaya

Bagaimana dengan sirkulasi udara dan cahaya? Tentu design rumah mungil harus dibuat dengan sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan yang cukup kuat. Terang menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk membuat ruangan terasa lebih lega. Akan sangat baik jika Anda menerapkan sistem ruang terbuka untuk penataan rumah. Anda bisa menggabungkan ruang makan dengan ruang keluarga.

Tahap kelima, hilangkan sekat

Yang menjadi poin dalam penataan rumah mungil terbaik adalah bagaimana sebisa mungkin Anda menghindari sekat dan membuat pemisah antara ruangan. Sebab bagaimana pun, partisi seperti ini akan membuat desain interior terlihat lebih sempit.

Jika Anda menemui kesulitan dalam menata design interior rumah Anda, Anda bisa menghubungi arsitekindo.com untuk informasi lebih lanjut. Silakan konsultasikan masalah Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here